Laman

Wednesday, March 31, 2010

Kurikulum Ekonomi SMA/MA versi Mahasiswa

‘Kurikulum Versi Mahaiswa Pend. Ekonomi dan Koperasi UPI Angk. 2006 ‘
Solusi Untuk Kekurangan Pada Standar Isi (SI)
Mata Pelajaran Ekonomi SMA Kelas X, XI, XII - KTSP 2006
Setelah menganalisis tentang Standar Isi (SI) yang terdapat dalam KBK dan KTSP. Maka, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pada dasarnya penyusunan Standar Isi (SI) pada KTSP dapat dinilai sudah cukup baik. Karena, dalam SI KTSP isinya padat, jelas dan singkat, serta SK atau SI yang terdapat dalam KTSP juga memuat standar kompetensi yang benar-benar relevan dan menggambarkan peristiwa atau kejadian-kejadian yang berhubungan dengan ekonomi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu dapat dikatakan, bahwa SI KTSP lebih bersifat aplikatif dan terapan.

Walaupun SI dalam KTSP benar-benar dapat meng-cover hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan siswa yang ada kaitannya dengan ekonomi. Tetap saja, SI dalam KTSP juga memiliki beberapa kekurangan, karena di dunia ini tidak ada hal yang sempurna. Apalagi hal tersebut berhubungan dengan kurikulum, yang sifatnya dinamis, mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat pada masa tertentu. Sehingga dapat menunjang pada keberhasilan tujuan pendidikan yang pada akhirnya dapat ikut serta membangun Negara pada perkembangan dan pertumbuhan yang lebih baik.
KTSP, untuk saat ini memang dianggap sebagai kurikulum yang terbaik, namun terbaik bukan berarti tanpa kekurangan. Penggunaan KTSP pun terdapat kekurangannya. Jika kita analisis ada beberapa kekurangan KTSP yakni :
1. Fasilitas yang masih kurang menunjang, karena KTSP membutuhkan banyak ruang untuk berekspresi dan mengembangkan metode belajar-mengajar yang lebih baik.
2. Di Indonesia kondisi sekolah yang kurang representatif, diantaranya dalam satu kelas bisa terdapat 40 hingga 50 siswa, bahkan lebih.
3. Dana yang dikeluarkan siswa lebih besar.
4. Kurangnya kesiapan guru dalam mengembangkan KTSP. Karena, dalam KTSP tidak terdapat materi pokok sebagai bahan ajar. Dalam hal ini dituntut kreatifitas guru untuk mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah yang bersangkutan.
5. Pembahasan materi yang diajarkan dalam KTSP dapat menjadi luas, sehingga jika kurang teliti dalam pembahasannya dapat menjadi sia-sia, karena membuang-buang waktu.
Adapun beberapa kekurangan atau kelemahan yang terdapat dalam Standar Isi (SI) Mata Pelajaran Ekonomi SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu sebagai berikut:
Kelas X
1. Dalam Standar Kompetensi yang ke tiga (SK 3: Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar), pada Kompetensi Dasar 3.4 hanya disebutkan mengenai berbagai bentuk pasar barang, namun tidak ada pasar uang, dan jenis pasar yang lainnya.
2. Dalam Standar Kompetensi ketiga (SK 3: Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar), didalam Kompetensi Dasar tidak terdapat materi mengenai elastisitas.
3. Di semester satu, tidak dijelaskan secara rinci mengenai laba rugi, biaya, dan penerimaan.
Kelas XI
1. Tidak terdapat materi tentang sejarah pemikiran teori ekonomi.
2. Tidak terdapat Kompetensi Dasar mengenai pemecahan masalah pengangguran yang trejadi di Indonesia.
Kelas XII
1. Dalam Standar Kompetensi 4, mengenai memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan. Seharusnya kedua materi tersebut dipisah. Karena keduanya merupakan dua materi yang berbeda, dan diperlukan pendalaman dalam mengkaji isi dari masing-masing materi tersebut, agar dapat bernilai guna untuk kehidupan sehari-hari peserta didik.
2. Tidak terdapatnya kompetensi dasar mengenai pemecahan masalah.
Dari penguraian beberapa kelemahan yang terdapat dalam SI KTSP tersebut. Maka, sudah waktunya kita sebagai calon pendidik harus mampu menyusun kurikulum ‘versi sendiri’ yang menurut kami sesuai dengan kebutuhan siswa setelah menganalisis SI yang terdapat pada KTSP mata pelajaran ekonomi SMA kelas X, XI, XII.
Dalam Kurikulum ‘versi sendiri’ yang kami buat ini kami melakukan koreksi dan perbaikan pada bagian Standar Isi (SI) Mata Pelajaran Ekonomi SMA/Madrasah Aliyah (MA) Kelas X, XI, XII. Karena, kami menilai bagian Standar Isi (SI) merupakan, petunjuk teknis pelaksanaan kurikulum di kelas, sehingga perlu pengkajian yang lebih teliti agar dapat menunjang ketercapaian tujuan dari kurikulum itu sendiri. Sedangkan penjelasan umum mengenai latar belakang, tujuan dan ruang lingkup mata pelajaran ekonomi masih tetap seperti aslinya (seperti dalam KTSP-nya) kami mengutipnya dari petunjuk umum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dari website departemen pendidikan nasional.

‘KURIKULUM VERSI SENDIRI’
Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/
Madrasah Aliyah (MA)

A. Latar Belakang
Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan masyarakat di era global serta perkembangan IPTEK yang telah membawa perubahan pada aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi, maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti sebagai insan berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, berketerampilan, berbudi pekerti luhur, bertanggungjawab dan berupaya mencapai kesejahteraan diri serta memberikan sumbangan terhadap keharmonisan dan kemakmuran keluarga, masyarakat, dan negara.
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi. Luasnya ilmu ekonomi dan terbatasnya waktu yang tersedia membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dibatasi dan difokuskan kepada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar peserta didik, sehingga peserta didik dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi disekitar lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik.
Pembahasan manajemen difokuskan pada fungsi manajemen badan usaha dalam kaitannya dengan perekonomian nasional. Pembahasan fungsi manajemen juga mencakup pengembangan badan usaha termasuk koperasi.
Akuntansi difokuskan pada perilaku akuntansi jasa dan dagang. Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan. Pemahaman pencatatan ini berguna untuk memahami manajemen keuangan perusahaan jasa dan dagang.
Mata pelajaran Ekonomi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS. Pada tingkat pendidikan menengah, ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.

B. Tujuan
Mata pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan Negara.
2. Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi.
3. Membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan Negara.
4. Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional.

C. Ruang lingkup
Mata pelajaran Ekonomi mencakup perilaku ekonomi dan kesejahteraan yang berkaitan dengan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan kehidupan terdekat hingga lingkungan terjauh, meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perekonomian.
2. Ketergantungan.
3. Spesialisasi dan pembagian kerja.
4. Perkoperasian.
5. Kewirausahaan.
6. Akuntansi dan Manajemen

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Isi (SI) Mata pelajaran Ekonomi Kelas X, XI, XII pada Kurikulum ‘versi sendiri’ yang telah kami koreksi dan perbaiki yang mengacu pada SI Mata pelajaran Ekonomi Kelas X, XI, XII yang ada pada KTSP yang aslinya. Dalam SI yang kami buat ini tidak dicantumkan SI Mata Pelajaran Akuntansi, kami memfokuskan pembahasan dan koreksi pada SI Mata Pelajaran Ekonomi-nya saja. Sedangkan, Mata Pelajaran Akuntansi diberikan pada kelas XI semester 2 dan kelas XII semester 1. Berikut ini penguraian SI Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X, XI, XII pada ‘Kurikulum Versi Sendiri’:

Kelas X, Semester 1.
Standar Kompetensi Kompetensi dasar
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi. 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan. 2.1. Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran
2.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
2.3. Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
2.4. Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
2.5. Menerapkan fungsi permintaan dan penawaran serta menggambar grafiknya.
2.6. Mendeskripsikan dan pengertian dan macam-mascam elastisitas.
3. Memahami pelaku ekonomi dan interaksinya 3.1. Mendeskripsikan teori perilaku konsumen
3.2. Memberi contoh pola hidup hemat dan bersahaja (efisien) dalam perilaku konsumsi
3.3. Mendeskripsikan teori produksi
3.4. Mengidentifikasi perilaku produsen/pengusaha yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan merugikan masyarakat.
4. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen. 4.1. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
4.2. Mendeskripsikan circulair flow diagram.
4.3. Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
5. Memahami berbagai bentuk pasar menurut struktur 5.1. Mendeskripsikan pengertian pasar
5.2.Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar
5.3.Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan bentuk-bentuk pasar
5.4.Memberi contoh berbagai bentuk pasar

Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi dasar
6. Memahami Produk Domestic Bruto (PDB), Produk Domestik Regional (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto, (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN). 6.1. Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN.
6.2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
6.3. Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
6.4. Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
7.Memahami konsumsi dan investasi 7.1.Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.
7.2. Mendeskripsikan kurva permintaan investasi.
8. Memahami uang dan perbankan 8.1. Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang.
8.2. Membedakan peran bank umum dan bank sentral
8.3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter.



Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mengenal Pasar Modal 1.1. Mengenal jenis produk dalam bursa efek
1.2. Mendeskripsikan mekanisme kerja dalam bursa
2. Memahami Kondisi Ketenagakerjaan Dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi. 1.1. Mengklasifikasi ketenagakerjaan
1.2. Mendeskripsikan tujuan pembangunan
1.3. Mendeskripsikan proses pertumbuhan
1.4. Mendeskripsian pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional.
1.5. Mencari solusi untuk pemecahan masalah pengangguran di Indonesia.

3. Memahami APBN dan APBD 2.1. Mejelaskan pengertian, fungsi, tujuanAPBN dan APBD
2.2. Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
2.3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiscal
2.4. Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
4.Memahami Perekonomian Terbuka 4.1. Sejarah pemikiran teori ekonomi
4.2. Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.3. Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran
4.4. Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga, dan dumping.
4.5. Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
5. Mengenal ekonomi syariah 5.1. Menjelaskan pengertian ekonomi syariah
5.2. Membedakan ekonomi konvensional dan ekonomi syariah

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi 1.1.Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
1.2.Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
2. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional 2.1. Menjelaskan unsur-unsur manajemen.
2.2. Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
2.3. Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
3. Memahami pengelolaan koperasi 3.1. Menjelaskan Pengertian Koperasi
3.2. Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah.
3.3. Menghitung pembagian sisa hasil usaha.
3.4. Memecahkan masalah dalam koperasi sekolah.
4. Kewirausahaan 4.1. Mendeskripsikan pengertian kewirausahaan.
4.2. Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan.

No comments:

Post a Comment